Total
penjualan ritel 280.179 unit berhasil dibukukan Toyota di kuartal ketiga 2016
ini. Berkat kinerja baik dari segmen SUV dan MPV penjualan naik atau tumbuh
18,7% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2015. Toyota pun
membukukan market shares sebesar 36%.
Tak hanya itu hal ini tidak
terlepas dari kepercayaan dan kesetiaan para pelanggan. Sehingga, untuk
mengapresiasinya, Toyota akan terus menghadirkan produk dan teknologi yang
melebihi ekspektasi, serta meningkatkan layanan, yang sejalan dengan semangat
Toyota Let’s Go Beyond.
Untuk segmen
MPV Toyota sendiri, ini telah membukukan pertumbuhan signifikan total penjualan
ritel 171.780 unit atau naik 31,5% dibandingkan periode yang sama pada 2015.
Market shares Toyota di segmen MPV pun tumbuh menjadi 54,8%.
Total
penjualan ritel sebesar 17.631 unit diraih oleh Toyota Calya hanya dalma
waktuAgustus—September 2016 saja. Walhasil mobil ini pun market leader di segmen entry
MPV dengan market shares 41,5%.
Toyota
Avanza-Veloz merupakan MPV penjualan terbesar dengan angka total penjualan
ritel 101.458 unit atau tumbuh 10,5% dibandingkan dengan capaian kuartal
III/2015.
Mobil MPV
lainnya yaitu Toyota Sienta dan Kijang Innova juga menunjukkan kinerja yang
cukup baik. Sienta yang terbilang mobil newbie meraup penjualan ritel sebesar
5.379 unit. Sejak pertama kali diperkenalkan,
Sienta mendapat respon pasar yang positif dari masyarakat Indonesia .
Tidak hanya
diperkenalkan secara resmi di Jakarta, mulai awal hingga akhir Mei lalu Toyota
juga telah melakukan roadshow Sienta di 7 kota besar di tanah air, yaitu
Bandung, Surabaya, Pekanbaru, Semarang, Makassar, Medan, serta Bali
sebagai kota terakhir. Hasil roadshow ini ternyata makin menegaskan bahwa
Toyota Sienta yang diproduksi di Indonesia dibuat sesuai dengan kebutuhan dan
karakteristik pasar di tanah air.
Selanjutnya Toyota
Kijang Innova telah meraih total penjualan sebesar 44.596 unit atau tumbuh 22,1%
dibandingkan dengan kuartal III/2015.
“Pasar MPV
memang terlihat lebih dinamis, apalagi dengan masuknya sejumlah produk baru
yang mendapat respon positif dari konsumen,” Henry Tanoto, Vice President
Director PT Toyota-Astra Motor.
Henry
menambahkan bahwa kondisi tersebut memberikan dampak yang positif terhadap TAM yang
hadirkan line – up terlengkap segmen MPV. Mobil andalan Toyota di segmen MPV,
yaitu Toyota Calya dan Toyota Sienta masih menjadi pilihan para pelanggan
Indonesia.
Sementara di bulan September 2016, total penjualan ritel Toyota mencapai
35.137 unit dengan market shares 38,3% atau naik 32,5% dibandingkan dengan
September 2015. Pencapaian bulan lalu didukung kinerja baik Calya yang mencapai
n angka penjualan ritel 9.365 unit atau tumbuh 13,3% dibandingkan dengan
Agustus 2016.
Hal positif ini semakin
membuat TAM optimis dalam menghadapi kompetisi. Dia berharap tren pertumbuhan
akan terus terjaga hingga akhir tahun.
“Terima
kasih atas kepercayaan pelanggan yang kami rasakan semakin kuat, yang terlihat
pada pertumbuhan penjualan. Ini tentunya tidak terlepas kepercayaan pelanggan
terhadap semangat Let’s Go Beyond
yang menjadi pegangan kami dalam memberikan Beyond Product, Beyond Technology,
dan Beyond Service, yang melebihi ekspektasi mereka,” kata Henry.
Untuk kedepannnya Toyota akan semakin memberikan produk dan teknologi terbaik,
serta servis yang prima bagi pelanggan, yang melebihi ekspektasi mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar